Kamis, 21 Februari 2008

Setelah pencabutan gigi

Ditulis oleh Melinda


Cukup banyak orang yang mengeluhkan sakit, perdarahan atau pembengkakan yang terjadi setelah pencabutan gigi. Belum ada data yang menunjukkan secara pasti jumlah kasus seperti ini, tapi diperkirakan 5% dari pasien yang telah dicabut giginya mengalami perdarahan dan pembengkakan. Sebagian besar keluhan itu muncul sebagai akibat perlakuan yang salah terhadap luka bekas pencabutan.



Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari setelah pencabutan gigi, yaitu :


  • Gigit kapas yang dipasang di atas lubang bekas gigi kuat-kuat selama 1 jam. Hal ini dilakukan untuk menghentikan perdarahan. Untuk membantu proses penghentian perdarahan, dapat dilakukan kompres pada pipi di daerah gigi yang dicabut dengan menggunakan es batu.







  • Bila masih ada perdarahan setelah kapas dibuang, masukkan air teh pahit dingin ke dalam mulut dan diamkan selama 2-3 menit.






  • Bila dalam waktu 2 jam sesudah pencabutan tidak ada tanda-tanda perdarahan berhenti, kembalilah ke dokter gigi anda. Mungkin diperlukan penjahitan pada luka atau pemberian obat anti perdarahan

  • Rasa sakit yang muncul setelah efek obat bius habis adalah hal lumrah. Hal ini dapat diatasi dengan obat analgesik yang dijual bebas di pasaran, seperti jenis parasetamol, asam asetil salisilat atau asam mefenamat. Gunakan hanya jika perlu saja.

  • Selama 24 jam tidak boleh berkumur, meludah dan menghisap-hisap daerah bekas pencabutan. Tindakan-tindakan tersebut dapat mengakibatkan beku darah yang sudah menutupi lubang bekas pencabutan akan terlepas sehingga akan terjadi perdarahan lagi.

  • Hindari makanan dan minuman panas, beralkohol, rokok selama 24 jam setelah pencabutan, karena semuanya memperlambat proses penyembuhan luka

  • Setelah 24 jam bila luka sudah tidak mengeluarkan darah sama sekali, dapat berkumur dengan air garam yang hangat untuk mencegah terjadinya infeksi pada bekas luka.
  • Bila terjadi pembengkakan pada hari berikutnya, kompres dengan air hangat dari luar maupun di dalam mulut.
Bila seluruh instruksi di atas sudah dilaksanakan, tapi pada hari ketiga rasa sakit, perdarahan, dan pembengkanan masih ada, sebaiknya pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan pertolongan. 


Silakan baca dulu sebelum bertanya di kolom komentar. Ada banyak pembaca lain yang mengalami masalah yang mirip denganmu dan sudah saya jawab pertanyaannya. Demi efisiensi tenaga dan waktu, pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang mirip tidak akan saya jawab lagi.
 

Kalau tulisan ini dan komentar-komentar di bawah ini belum menjawab pertanyaan Anda, masih ada Beberapa tulisan lain di warung ini yang berhubungan dengan pencabutan :  

351 komentar:

  1. 1 mg or 2 mg sesudah dcabut lukanya seperti apa ya? maksudnya lubangnya isinya apa?
    kalo di dalem lubang bekas pcabutan ada spt putih rada kebuan (kayak cairan gitu)apakah normal?
    klo di gusinya yg dcabut ada kayak luka sariawan (rada meluas )kenapa?
    brp hr stl dcabut normalnya uda tidak sakit ?
    tq

    BalasHapus
  2. Setelah pencabutan gigi, lubang bekas gigi akan terisi oleh jaringan baru yang dimulai dari pembentukan beku darah di lapisan paling atas. Proses pembentukan jaringan baru umumnya selesai dalam waktu 2 sampai 4 minggu, hingga seluruh lubang tertutup.

    Lapisan putih keabuan pada lubang bekas pencabutan, bila tidak disertai rasa sakit, merupakan sisa makanan atau plak. Hal yang normal. Namun bila disertai rasa sakit luar biasa dan muncul 1-2 hari setelah pencabutan, merupakan kelainan proses penyembuhan. Keadaan seperti ini harus ditangani oleh dokter gigi. Luka bekas pencabutan harus dibersihkan lagi dan memerlukan terapi antibiotika.

    Luka sepeti sariawan di gusi bisa disebabkan karena trauma mekanis, umumnya terjadi bila proses pencabutan sulit.

    Rasa sakit akibat luka pencabutan bersifat relatif, tergantung ambang rasa sakit pasien. Untuk pencabutan gigi dengan tingkat kesulitan rendah, dalam beberapa jam sudah tidak terasa sakit oleh pasien dengan ambang rasa sakit tinggi. Sedangkan pasien dengan ambang rasa sakit sangat rendah, rasa sakit bahkan masih terasa hingga 1-2 minggu.

    BalasHapus
  3. setelah pencabutan gigi no6, 3jam berikutnya efek bius hilang dan berganti dgn rasa ngilu dan cenut2 serta lidah menjadi mati rasa. apakah itu normal? dan smp 2 hari ini agak bengkak dan msh sakit, apkah wajar2 saja? mhn dijawab trm ksh.

    BalasHapus
  4. Maaf, baru sempat jawab sekarang. Abis pulang liburan.

    Lidah yang mati rasa berarti efek bius belum hilang. Bila mati rasa ini berlangsung berhari-hari, berarti ada cedera pada syaraf yang mensyarafi lidah. Kalau cedera ringan, mati rasa lama-kelamaan akan hilang sendiri. Kalau cedera menyebabkan syaraf putus, mati rasa akan bersifat menetap.

    Rasa ngilu dan cenut2 yang muncul setelah efek bius hilang adalah hal wajar kalau terjadi selama beberapa jam. Namun kalau sampai 2 hari muncul pembengkakan dan ada rasa sakit, berarti ada gangguan dalam proses penyembuhan, bisa karena lubang bekas pencabutan kotor, bisa karena terjadi pembekuan darah terlalu cepat, atau hal-hal lain. Kalau terjadi demikian, sebaiknya kembali ke dokter gigi anda untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

    BalasHapus
  5. saya baru aja di cabut gigi graham yg kanan bawah..
    yg mo saya tanyakan adalah:
    1.udah boleh makan apa belom? kalo boleh, sebaiknya makan apa?
    2.kira" harus di pasang gigi palsu gak? efeknya?
    3. kalo pake behel gimana? soalnya malu kan kalo ompong...
    4. sikat gigi sebaiknya bagaimana?
    5. berapa lama waktu yg di butuhkan biar gak berdarah terus?
    mohon di jawab.. trima kasih

    BalasHapus
  6. Setelah pencabutan, tentu Anda diinstruksikan untuk menggigit tampon selama 1-2 jam. Tampon ini berguna untuk menghentikan perdarahan. Bila setelah itu masih ada perdarahan, berarti bekas luka bermasalah sehingga perlu penanganan khusus. Dalam keadaan normal, setelah 1 jam menggigit tampon, perdarahan akan berhenti sendiri.

    Mengenai perawatan higiene mulut, penyikatan gigi tetap dilakukan seperti biasa sedikitnya 2X sehari. Namun, daerah bekas pencabutan diusahakan sesedikit mungkin terkena bulu sikat. Kumur-kumur dilakukan dengan berhati-hati agar beku darah yang sudah terbentuk di lubang bekas pencabutan tidak terlepas sehingga menimbulkan perdarahan lagi.

    Setelah tampon diangkat, makan seperti biasa. Gizi yang baik akan membantu proses penyembuhan luka. Jadi akan seperti biasa, tanpa pantangan. yang perlu dihindari hanya makanan / minuman panas pada hari pertama.

    Setelah luka sembuh, ruangan bekas gigi harus diisi untuk mengembalikan fungsi kunyah, bicara dan fisiologis rongga mulut. Pengisi ruangan bisa berupa gigi palsu (dengan beraneka bentuk fisiknya) atau gigi asli yang sudah ada di dalam mulut dengan cara menggesernya dengan kawat (behel). Pilihan jenis pengisi ruangan ditentukan sesuai kasus dan kebutuhan pasien.

    BalasHapus
  7. 2 hari lalu (Sabtu sore) saya melakukan pencabutan gigi geraham yang sudah keropos dan menurut dokter sudah infeksi. Sebelumnya saya diberikan antibiotik untuk 5 hari sebelum pencabutan dan cataflam untuk 2 hari. Ini merupakan pencabutan yang kedua, sekitar sebulan sebelumnya saya juga cabut gigi geraham dan tdk ada masalah. Kali ini, karena lumayan parah kondisi gigi saya jadi pencabutannya agak lama dan suntik antibiotiknya juga bbrp kali. Sekarang lapisan atas gusi saya yang bekas dicabut malah mengitam dan ada gumpalan putih juga spt nanah. Saya coba angkat pakai lidah tidak berhasil karena menempel di gusi. Rasanya sih tidak sakit dok, tapi kalau saya lihat sangat menyeramkan sekali hitamnya. bukan seperti darah beku merah, tapi hitam melebar spt busuk. Apakah kondisi ini normal dok? atau harus balik ke dokter meskipun tdk sakit?

    BalasHapus
  8. Pencabutan dengan komplikasi biasanya meninggalkan trauma pada jaringan yang ditinggalkan sehingga proses penyembuhan juga berlangsung lebih lama. Beku darah yang kehitaman dan lapisan putih di atasnya merupakan salah satu efek trauma pada jaringan. Bagian ini nantinya akan terlepas sendiri karena merupakan jaringan mati. Kalau dalam waktu 1 minggu muncul tanda-tanda sakit, bengkak sebaiknya Anda kembali ke drg yang mencabut gigi Anda untuk mendapatkan perawatan pada luka bekas pencabutan.

    BalasHapus
  9. seminggu yang lalu gigi graham ke dua saya di cabut...tetapi pada hari ke empat gusi disekitar bekas dicabut timbul titik putih dan itu keras apabila tersenggol itu terasa sakit....kondisi seperti ini apakah normal dok??karena obat antibiotik yg diberi drg sudah habis...

    terima kasih

    BalasHapus
  10. Bintik putih keras pada gusi disekitar lokasi pencabutan dan menimbulkan rasa sakit bila tersenggol biasanya merupakan pecahan tulang yang tertinggal saat pencabutan. Sebaiknya Anda ke drg yang mencabut gigi Anda untuk menangani pecahan tulang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokter sy abis operasi gigi bungsu dan pencabutan gigi geraham ada jendolan putih tajam...seperti pecahan tulang gusi....bagaimannmengatasi nya dok? Apakah harus operasi pencabutan atau cukup dikikir saja...saya kembali ke drg tempat saya operasi katanya tidak apa2. Tapi terasa sakit saat. Kena lidah dan makan. Mhn petunjuknya dok..saya butuh aecond opinion

      Hapus
    2. Ferdy, serpihan tulang yang mengganggu harus dicabut. Kalau drg yang mencabut gigimu tidak bisa melihtnya, pergilah ke drg lain.

      Hapus
    3. Klo ada seperti tulang tapi tidak sakit, tidak bengkak, apakah dibiarkan saja? Kondisi gusi juga belum menutup. Padahal cabut giginya sudah sekitar hampir sebulan. Bagaimana ya?

      Hapus
  11. dok tadi saya cabut gigi graham atas 2.. tapi kok masi belum berhenti total ya pendarahannya.. padahal sudah 3 jam..
    apakah perlu penanganan khusus dr dentis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Billqis, maaf baru sempat balas ya karena baru sempat buka komputer lagi. Bagaimana luka bekas pencabutanmu? Saya harap sudah kering ya. Kapas / tampon yang digigit setelah pencabutan memang berfungsi menekan pembuluh darah agar perdarahan berhenti. Setelah 1 jam, sebetulnya luka pada pembuluh darah sudah menutup. Namun karena masih baru, ketebalan pembuluh darah yang baru menutup belum setebal pembuluh darah sehat sehingga masih ada rembesan darah yang keluar. Jumlahnya biasanya sedikit, namun karena bercampur dengan air ludah, terlihat banyak. Dalam keadaan seperti ini, tidak perlu penanganan khusus. Akan pulih dengan sendirinya.

      Hapus
  12. dok, kalau untuk menangani gigi bungsu yang tidak teratur posisinya, kalau pake behel, apakah bisa jadi rata kembali dok posisi gigi bungsunya? makasi dok..

    BalasHapus
  13. saya mau tanya bu.. kemarin lusa saya cabut gigi malamnya luka bekas cabutan gigi tersebut sudah tidak mengeluarkan darah tapi dari semalam keluar darah lagi walau sedikit..
    penanganannya bagaimana ya bu??
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Nurmalita balasan saya baru muncul hari ini. Mudah-mudahan bekas pencabutan gigimu sekarang sudah tidak bermasalah ya. Sebetulnya keluar darah sedikit setelah pencabutan tidak apa-apa, biasanya hanya berupa rembesan saja.Yang penting dijaga supaya jangan tambah besar rembesannya dengan tidak berkumur-kumur, menghisap-hisap daerah luka.

      Hapus
  14. dok. 3jam yang lalu gigi saya dicabut. saya ingin makan tetapi takut bekas cabutan gigi kotor ada sisa makanan. sedangkan kita tidak boleh menyikat daerah yang baru saja dicabut kan. kumur juga tidak boleh. jadi bagaimana?

    BalasHapus
  15. Sori, baru sempat baca komentarnya. Bagaimana kabar bekas pencabutan gigimu? Memang saat itu tidak boleh berkumur dan disikat. Tapi hanya daerah bekas pencabutan, gigi-gigi lain harus dibersihkan dan disikat. Sebetulnya masalah yang ditimbulkan karena daerah tersebut tidak dibersihkan tidak ada artinya dibandingkan proses penyembuhan luka yang harus dijaga.

    BalasHapus
  16. maff saya mau tanya ini gigi saya brapa hari ini sangat sakit sekali kmrn pernah d tambal tapi terlepas kembli dan kalo d buat ,makan sangat sakit bila terkena yg berlobang dan ini tersa kaya bengkak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi yang ditambal, lalu lepas lagi berarti giginya sekarang berlubang. Kalau lubangnya dalam, bisa menimbulkan rasa sakit. Rasa sakitnya bervariasi mulai dari ngilu, berdenyut, sakit hanya saat menggigit dan lain-lain, tergantung besar dan kedalaman lubang. Jadi sebaiknya segera ke drg untuk mendapat perawatan yang tepat

      Hapus
  17. Dok,sehari lalu gigi geraham saya dicabut. Malamnya pendarahan hebat sampai menggumpal. Besoknya dijahit oleh dokter. Apakah saya boleh meludah dok?kalau makan minum bagaimana?otomatis kalo minum kan kena air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luka bekas pencabutan boleh kena air, bahkan kalau airnya merupakan air ludah sangat bagus karena mengandung bahan-bahan penyembuh luka. Yang tidak boleh adalah meludah dengan keras, berkumur, menghisap-hisap. Karena ketiga tindakan itu akan melepaskan beku darah yang sudah terbentuk pada lubang bekas pencabutan. Pembentukan beku darah di permukaan lubang bekas pencabutan merupakan tahap awal proses penyembuhan luka. Setelah itu akan terbentuk jaringan baru selapis demi selapis di bawah lapisan beku darah. Bila beku darah terlepas akibat 3 tindakan di atas, akan terjadi perdarahan lagi.

      Hapus
  18. walau posting ny sudah lama,
    tp msh menarik buat di baca..
    jempol deh buat blog ini....
    d(^_^)b

    bu dokter, saya mau ikutan nanya nih...
    klo gigi sudah di cabut,
    terus kita mesti nunggu berapa lama buat bikin gigi palsu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trim's untuk jempolnya....
      Perlu waktu sekitar 1 bulan untuk proses penyembuhan luka bekas pencabutan. Setelah itu, bisa dibuat gigi palsu.

      Hapus
  19. Halo dok,
    hari jumat kemarin saya melakukan pencabutan gigi, gigi ke 3 dari bungsu sebelah kiri bawah. karena dokter yang sebelumnya menangani pencabutan saraf gigi saya mengebor terlalu dalam (perfor... ya namanya?)... yang mengakibatkan gigi saya harus dicabut, setelah tercabut darah yang keluar sangat sedikit, selang 2 hari saya lihat di soketnya hanya ada sedikit gumpalan darah dan diatasnya ada lapisan putih, agak nyeri sedikit kadang-kadang. akhirnya saya kembali ke dokter yang menangani pencabutan gigi saya dan katanya itu merupakan sisa makanan dan karena darah yang keluar sedikit jadi tidak menutupi soket seluruhnya sehingga menimbulkan nyeri. lalu saya dikuret dan dibersihkan kembali soketnya, sekarang setelah lewat 2 jam dikuret darah yang keluar dari bekas kuret pun masih sangat sedikit...saya takut soketnya kering dan jadi lama sembuh dok...bagaimana sebaiknya? karena saya jadi tidak bisa makan apa2 karena takut masuk kembali sisa makanannya, saya hanya minum susu dan bubur encer...cataflam dan danalgin sudah habis 1 strip. tidak ada bengkak sama sekali dari sejak di cabut. Tolong sarannya dok, karena dokter saya pun bingung kenapa darahnya sedikit sekali. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencabutan yang menyebabkan perdarahan yang sedikit sebetulnya bukan masalah dan tidak mempengaruhi proses penyembuhan. Lapisan putih yang agak nyeri merupakan jaringan mati yang mengganggu penyembuhan, jadi memang harus dikuret. Bukan karena sisa makanan. Makanlah dengan normal, tidak perlu diet, tidak perlu makan makanan lunak, karena untuk proses penyembuhan diperlukan gizi yang baik. Lakukan pemeliharaan kebersihan mulut seperti biasa, dengan menyikat dan berkumur pada waktu yang tepat. Pencabutan sudah 3 hari yang lalu, jadi menyikat dan berkumur tidak akan menyebabkan perdarahan.

      Hapus
  20. halo dok, mau tanya beberapa hari yang lalu saya cabut gigi geraham bawah urutan ketiga trus selama beberapa haru kok gigigeraham ke empat jadi sakit apa bila ditekan kan gigi geraham keempat baik@ saja itu kenapa ya dok???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit saat ditekan pada gigi di sebelah gigi yang dicabut bisa terjadi sebagai efek samping pencabutan karena ada peradangan pada jaringan penyangganya. Peradangan ini tidak bersifat menetap dan akan berangsur-angsur sembuh.

      Hapus
  21. siang dok, tadi sekitar jam setengah sebelas saya baru cabut gigi geraham karena sudaj busuk, sudah hampir 2 jam tapi darahnya belum berhenti, apa itu normal dok???

    kalau mau makan gmana ya dok, saya takut kena kapas atau gusinya dok???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses penghentian perdarahan setelah pencabutan dilakukan dengan menekan daerah tersebut dengan tampon / kapas selama 1 jam. Setelah 1 jam, biasanya perdarahan sudah berhenti. Kalau masih perdarahan, bisa menggigit tampon / kapas lagi selama 1 jam lagi. Bila setelah 2 jam berlalu, masih ada perdarahan sebaiknya kembali ke drg yang melakukan pencabutan. Tapi tidak perlu terburu-buru juga, karena seringkali yang diduga sebagai perdarahan sebetulnya bukan perdarahan melainkan rembesan sedikit darah yang bercampur air liur. Air liur biasanya meningkat produksinya bila ada benda asing di dalam mulut. Air liur bercampur rembesan sedikit darah memberi kesan seolah-olah ada perdarahan.

      Setelah 1 atau 2 jam, bisa makan seperti biasa. Gunakan sisi yang tidak ada lukanya. Kalau ada makanan yang "nyasar" ke daerah bekas pencabutan, tidak perlu panik karena tidak akan mengganggu proses penyembuhan

      Hapus
  22. Dok,.kmaren saya cabut gigi tapi pendarahannya masih ada sedikit smpai skrg..dan skrg dbwah lidah saya bengkak dan terasa sakit saat dijulurkan keluar,.mhon solusinya dok,.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perdarahan sedikit pada hari kedua setelah pencabutan, bukan masalah. Pembengkakan diiringi rasa sakit oleh tekanan lidah yang menjulur kemungkinan merupakan beku darah yang terperangkap di antara otot-otot dasar mulut sebagai efek samping pencabutan. Seperti luka mema habis terpukul. Perlahan-lahan beku darah ini akan terserap. Kalau dalam 1 minggu belum berkurang, pergilah ke drg untuk mendapatkan solusi.

      Hapus
  23. Dok, 4hari yg lalu sy melakukan pencabutan 2 gigi, namun skrg masih mengeluarkan rembesan darah. Apakah itu normal dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya, luka pencabutan gigi tanpa komplikasi akan sembuh paling lama 2 hari. Bila sampai 4 hari masih ada rembesan darah, sebaiknya kembali ke dokter gigi yang mencabut untuk diperiksa. Kalau memang ada masalah akan segera ditangani.

      Hapus
  24. Kemarin saya cabut gigi di puskesmas, sebelum cabut gigi saya menannyakan ke dktr gigi yang akan mencabut gigi saya apakah apabila saya merasakan sakit/nyut-nyutan boleh dicabut gigi saya..?dan drg tersebut menjawab terserah saya (bingung deh saya) ya udh dikarenakan saya gak mau sakt/nyut-nyutan ada lagi saya putuskan untuk tetap dicabut, setelah proses pencabutan gigi, saya langsung disuruh menahan kapas ditempat gigi yang telah dicabut selama +/- 2jam untuk menahan darah agar cepat kering setelah darah kering hari ini pipi saya bengkak dan sakit apakah hal itu wajar dok..?kalau memang harus kembali lagi ke drg untuk mengecek masalah bengkaknya pipi saya apakah harus ke drg yang pertama kali menangani pencabutan gigi saya..?apakah boleh ke drg yang lain..?

    BalasHapus
  25. Dok kalau satu hari stelah pencabutan gigi terjadi pembengkakan di pipi dan terasa sakit apakah itu normal..?kalau memang harus kembali ke drg apakah harus dtg ke drg yang menangani pencabutan gigi tersebut..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arfan, pembengkakan pada pipi setelah pencabutan bukanlah hal yang normal. Sebaiknya kembali ke drg yang menangani pencabutan karena dia yang mengetahui proses pencabutannya.

      Hapus
  26. Salam kenal,,
    Dok,3 hari yg lalu saya cabut gigi graham kanan bagian bawah. pendarahan pun sudah berhenti namun saat saya menyikat gigi, gigi saya terasa linu tapi saat makan ataupun minum tidak linu. Apakah itu wajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Sarah. Rasa linu saat menyikat gigi masih bisa dikatakan wajar. Lama kelamaan akan berkuranghingga luka di gusi sudah menutup sempurna.

      Hapus
  27. Dok 3 hari yang lalu sya cabut gigi deraham kanan bawah dok, dulu sih bekas ditambah tpi terlepas dan setelah tambalannya terlepas sya biar kan bgtu sja, wktu ke drg sya disarankan untuk mencabutnya krna katanya saraf nya sdh mati, wktu 3 hri yg lalu sya dtg gigi saya langsung dicabut tnpa perawatan apa2 dri drg, skrng digusi bekas cabut gigi sya terdapat lapisan putih, semacam membusuk, itu kenapa ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapisan putih di gusi bekas pencabutan adalah jaringan mati. Kalau tidak menimbulkan sakit, tidak masalah. Nanti seiring berjalannya waktu, akan lepas sendiri.

      Hapus
  28. Salam Kenal Dok.

    Terima kasih sebelumnya apabila dokter meluangkan waktunya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Sebelumnya, saya pernah dibehel 10 tahun lalu, gigi saya dicabut 4 buah. kalau tidak salah gigi taring semuanya. 2 tahun lalu mulai timbul masalah, gigi di belakang geraham kiri bawah saya mulai tumbuh. awalnya tidak sakit, tapi akhir-akhir ini sangat sakit. akhirnya saya datang ke dua dokter untuk mendengarkan opini mereka. mereka berdua meminta gigi saya dicabut. akhirnya, walaupun dengan perasaan trauma, saya beranikan kembali untuk dicabut. ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, yaitu :

    1. Dokter saya setelah melihat foto gigi, menganjurkan untuk mencabut gigi geraham (atau setelah geraham) yang ada di kanan atas. karena gigi tersebut tidak berfungsi. Padahal setau saya, gigi tersebut sudah ada sejak saya dibehel. dan dokter sebelumnya tidak mencabut. Jadi, sebaiknya apa yang perlu saya lakukan? dan apabila tidak dicabut, apakah ke depannya memiliki efek samping?

    2. Gigi yang dicabut saat ini, geraham (atau setelah geraham, karena posisinya berada di gusi) sudah dicabut, setelah dicabut, dokter melakukan tindakan menjahit. Nah untuk tindakan ini, apakah saya perlu kembali lagi ke dokter gigi untuk cabut benang? kalau iya, kapan waktu idealnya saya cabut benang? karena dokter tersebut tidak menjelaskan kapan saya harus kembali lagi.(mengingat dokter yang melakukan cabut gigi adalah dokter bedah yang berbeda dengan dokter yang biasa saya datangi)

    3. Setelah cabut gigi, kata ibu saya perlu dilakukan penanaman gigi palsu, agar pipi tidak terlihat kendur. apakah hal tersebut benar? dan kapan sebaiknya tindakan tersebut dilakukan?

    Terima kasih Dok atas kesediaannya untuk menjawab.

    Salam,
    Niken

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Niken. Terimakasih sudah mampir di warung saya.

      Pertama tentang geraham yang dicabut. Ada 2 jenis benang yang bisa digunakan pada penjahitan gusi. Yang pertama dari bahan yang tidak bisa diserap oleh tubuh, jadi 1 minggu setelah penjahitan, harus dibuka jahitannya. Yang kedua dapat diserap oleh tubuh jadi tidak perlu dibuka lagi jahitannya. Saya tidak tahu benang jenis yang mana yang digunakan pada gusimu. Bisa yang diserap tubuh, bisa juga drgnya lupa memberitahu untuk datang lagi. Tapi tidak ada salahnya kalau 1 minggu lagi datang kembali untuk kontrol.

      Kedua tentang gigi palsu. Untuk pencabutan gigi bungsu (geraham terakhir) yang posisinya terpendam dalam gusi, tidak perlu digantikan gigi palsu. Karena gigi aslinya sendiri sebetulnya tidak mendapat tempat cukup dalam rahang, makanya terpendam dalam gusi. Jadi memang tidak ada ruang yang perlu diisi oleh gigi palsu.

      Terakhir tentang gigi atas yang dianjurkan untuk dicabut. Saya tidak bisa menentukan apakah gigi tersebut memang harus dicabut, tanpa memeriksa sendiri sebelumnya. Kemungkinan gigi tersebut tidak mempunyai gigi lawan kontaknya di bawah sehingga akan cenderung tumbuh terus ke bawah. Kalau sudah mengenai gusi bawah, akan menimbulkan trauma fisik pada jaringan. Selain arah tumbuh ke bawah, dalam beberapa kasus, gigi geraham terakhir sering tumbuh ke arah pipi atau ke arah gigi di depannya atau kerongkongan atau ke langit-langit. Kalau posisinya sulit dibersihkan, makanan akan menumpuk di sana, gigi jadi berlubang dan biasanya akan sulit ditambal. Lama kelamaan akan sakit. Tidak selalu perlu dicabut juga kalau arah tumbuh normal. Karena itu perlu pemeriksaan dulu....hal yang tidak bisa saya lakukan di warung virtual ini :)

      Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

      Hapus
  29. Sslam kln dok ...
    Mau tanya ...2 hri kmarin sya cabut gigi grahm knan bawah...trus ada rembesan dara sdikit...pas subuh nya darah mkin bnyak kluar...tpi ssudah sya bwa k dkter pagi rembesan darah cuma sedkit ...dan kalo darah sudah beku lgi itu bgai mna di sumpel mke kapas lgi atau tdak perlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah tidak ada rembesan darah lagi, tidak perlu disumpal dengan kapas.

      Hapus
  30. Dok, tadi malem saya mencabut gigi . dan sumpalan kapasnya menempel di gusi dan tidak bisa di lepas . itu bagaimana ya dok ? Apa yang saya harus lakukan ?

    BalasHapus
  31. Dok, kemaren saya mencabut gigi . sumpalan kapas nya saya biarkan dari malam sampai pagi, tapi ternyata sumpalan kapasnya menempel digusi saya dan sakit kalo dipaksa lepas . ini bagaimana ya dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan sebagian kecil kapas ada melekat pada beku darah pada bekas pencabutan. Lepaskan saja dengan sedikit paksa. Ada sedikit rasa sakit mungkin, tapi itu lebih baik daripada membiarkan terus kapas berada di dalam mulut.

      Hapus
  32. Dok saya mau tanya, sekitar 2 tahun yg lalu gigi geraham sebelah kiri saya dicabut kok sekarang pipi terlihat kendur beda dengan sebelah kanan yg pipi terlihat berisi dan tembem, setelah pencabutan gigi saya selalu ngunyah pake sebelah kiri dok karna kebetulan yg kanan bolong, jadi apa yg harus saya lakukan biar pipi kendur saya terlihat seimbang dengan yg kanan? Apa pasang geraham palsu bisa membuat pipi saya tidak kendur lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Egy, salah satu fungsi gigi adalah membentuk profil wajah. Pencabutan gigi menyebabkan berkurangnya dulungan terhadap otot-otot wajah. Ditambah lagi dengan tidak berfungsinya orot2 pengunyahan di daerah sekitar gigi yang dicabut. Seperti otot2 tubuh lainnya, jika tidak digunakan akan menyebabkan otot lisut. Dalam jangka panjang mengakibatkan wajah menjadi kempot.

      Pemasangan gigi palsu akan mengembalikan fungsi kunyah. Meskipun jaringan di sekitar gigi tidak akan pulih seperti sebelum pencabutan, gigi palsu dapat mencegah lisutnya otot pengunyahan lebih lanjut.

      Hapus
  33. Saya melakukan cabut gigi geraham bawah,ada bekas lubang di gusi dan sisa makanan masuk terus bau nya aduhai saya kang bersihkan pake cotton bud yang kecil,kalo saya lihat di dalam lubang itu ada putih putih agak keras tapi kecil dan udah sebulan kok lubang belum nutup juga ya?apa bahaya gak dok kalo kasus seperti ini..?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebulan sesudah pencabutan seharusnya luka sudah menutup sempurna. Kalau belum, kemungkinan ada gangguan dalam penyembuhan. Sebaiknya segera kembali ke drg yang dulu mencabutnya untuk diperiksa dan dirawat seperlunya.

      Hapus
  34. ibu mau nanya saya cabut graham 2 tahun yg lalu apa masih bisa pakai gigi palsu? dan apa gigi yg bergeser akan normal atau berhenti pergeseranya akibat ompong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaya tidak bisa menjawab apakah masih bisa dibuatkan gigi palsu atau tidak, karena saya tidak melihat dan memeriksa kondisi mulutmu secara langsung. Tentang higi bergeser, kalau maksud pertanyaanmu apakah gigi palsu akan menghentikan pergeserannya, jawabnya ya. Kalau apakah akan kembali normal, jawabnya tidak.

      Hapus
    2. Hai ibu, saya mau nanya nih. Sekitar 12 jam yang lalu saya baru melakukan operasi kecil untuk mencabut gigi geraham bungsu sebelah kiri saya. Boleh kah saya menyikat gigi saya dan berkumur dengan pelan? Lalu pada sekitar gusi bekas luka terdapat daging2 berwarna putih dan gumpalan darah saya berwarna sedikit keabu2an. Apakah itu normal bu? Mohon di jawab ya bu. Ngomong2 blog ibu sangat membantu saya :) cuma masih sedikit ragu dan ingin menanyakannya kepada ibu langsung. Trims bu

      Hapus
    3. Kalau masih 12 jam, sebsiknya jangan menyikat dan berkumur di daerah operas, karena beresiko mengganggu proses penyembuhan luka. Daging berwarna putih adalah jaringan mati yang akan lepas sendiri dalam beberapa hari. Gumpalan darah berwarna keabu-abuan adalah normal. Terimkasih telah mengunjungi blog saya. Syukurlaah kalau tulisan saya memberi manfaat. Salam!

      Hapus
    4. Hai ibu :D ini yang menanyakan pertanyaan kepada ibu 3 hari lalu. Setelah 3 hari, luka pada gusi bekas operasi mulai menutup bu, akan tetapi gumpalan darah pada lubang bekas pencabutan berkurang agak banyak. Apakah itu normal bu? Kalau tidak apakah itu karena saya sudah mulai makan makanan yang tidak lunak dan berkumur? Saya takut kalau lubang pencabutan gigi tersebut kering(dry socket). Saya berkumur air garam hangat sekitar 2-3x sehari. Lalu di sekitar luka pada gusi muncul seperti sariawan dan kalau di pegang perih dan jika saya mengunyah makanan maka akan timbul rasa nyut2an atau nyeri pada luka bekas operasi tersebut. Apakah itu normal juga bu? Oh ya bu, apakah saya juga boleh memakai mouthwash? Terima kasih bu atas jawaban ibu sebelumnya benar2 membantu :D Mohon yang ini di jawab juga ya bu :) Terima kasih banyak bu.

      Hapus
  35. Bbrp hari lalu saya mencabut gigi geraham bawah saya dok. Gusi belum tertutup sempurna dan ada sisa makanan didalamnya,saya sudah kumur" tetapi terlalu dalam. Bagaimana cara membersihkannya? Dan jika gusi sdh tertutup dan tidak dibersihkan apa bs menimbulkan infeksi? Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kotoran yang tidak dibersihkan dari dalam lubang tidak akan mengganggu penyembuhan luka. Biarkan saja. Nanti akan membusuk, terurai dan akan hilang sendiri.

      Hapus
  36. Bru 3hri ne saya cabut gigi... gigi geraham kanan paling belakang krena tumbuhnya ga bner jdi hrus di cabut.. klo ga di cabut bakal bengkak trus.. bru saya liaat kenapa di bekas cabutan itu muncul putih2 ya? Apakah itu sisa makanan ato apa? Krena saya sudah kumur smpai pipi sakit tpi tetap saja ada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brdasarkan ceritamu yang mengatakan bahwa gigimu dicabut karena bengkak, saya menduga saat dicabut, gusi masih ada infeksi. Bila setelah dicabut, luka tidak benar-benar dibersihkan dari infeksi yang sudah ada, akan menimbulkan infeksi meluas. Kalau memang demikian, dugaan saya, bercak putih paada bekas luka pencabutan itu adalah nanah produk infeksi.

      Sekali lagi, ini hanya dugaan saya katena say tidak melihatsendiri dan memeriksanya. Untuk memastikan sèbaiknya Anda ke drg yng mencabut gigi.

      Hapus
  37. dok , beberapa hari yg lalu saya cabut gigi geraham atas depan , setelah beberapa hari muncul bau tidak sedap dari lubang bekas cabut gigi

    penyebab dan cara mengatasi ini gimana ya dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bau tidak sedap setelah pencabutan gigi bersumber pada jringan mati yang tertinggal di bekas luka. Kalau sudah beberapa hari dan luka sudah tidak mengeluarkan rembesan darah, bau bisa diatasi dengan berkumur air garam hangat.

      Hapus
    2. Halo Dok. Hampir mendekati dengan pertanyaan saudara Eka.4 hari yang lalu geraham saya dicabut.Setelah 4 jam menggigit kasa gumpalan darah yang ada di soket sangat banyak dan ketika bercampur air liur sangat tidak enak dimulut. Malamnya (karena kurang info dan pengetahuan) karena sudah tidak tahan untuk buang ludah yang bercampur darah setiap 5 menit sekali saya "memotong " bagian atas gumpalan darah tersebut memaik tusuk gigi dan mengangkatnya menggunakan tissue. Jadi gumpalan darah yang tersisa hanya ada dibagian bekas akar geraham saya. Besoknya muncul selaput yang berwarna putih kebu2an yang saya yakini sebagai jaringan mati. Baunya tidak terlalu dok, tapi menjelang hari keempat paska pencabutan gusi saya sudah hampir menyatu. Yang ingin saya tanyakan, gumpalan darah yang tertinggal dan jaringan mati itu cara lepasnya gimana dok? Karena sepertinya gusi saya akan menutupi jaringan mati tersebut. Saya takut jika nanti ketutupan malah sisa gumpalan darah tersebut akan busuk dan menyebabkan infeksi, dsb. Oh iya, sampai sekarang bekas cabutan geraham saya masih agak linu tapi dalam tahap yang wajar, bisa ditanggung tapi agak mengganggu. Terima kasih dok.

      Hapus
    3. Dan juga sampai sekaran soketnya yang bekas akar itu ga bolong dok, masih keisi sama (mungkin) gumpalan darah .

      Hapus
    4. Nanti jaringan mati akan lepas sendiri. Gumpalan darah juga akan hilang perlahan-lahan, digantikan oleh jaringan gusi sehat. Normalnya, gusi tidak akan menutupi gumpalan darah karena pembentukannya dimulai dari dasar soket bukan dari permukaannya.

      Rasa linu disebabkan karena akar gigi di sebelah gigi yang dicabut masih terbuka. Nantiserlah luka sembuh sempurna, rasa linu akan hilang.

      Hapus
  38. Dok, tgl 27 Juli saya melakukan pencabutan gigi graham atas samping taring. Setelah pencabutan saya hanya diberi obat penahan sakit saja. Tgl 30 Juli saya baru diberi antibiotik karena saya yang minta. Kemudia tgl 3 Agustus saya control dan gusi saya diirigasi h2o2 dan diberi antibiotik yang sama kaflam. Jadi saya sudah minum antibiotik sebanyak 20 butir. Tp sampai sekarang gusi saya masih bolong dan terasa nyeri namun sudah tidak mengeluarkan darah. Di gusi tersebut juga ada putih2 (sepertinya sisa makanan), saya sudah kumur2 namun tidak bisa keluar karena terlalu dalam. Apa ada hubungannya antara gusi saya yang sakit dan sisa makanan yg terjebak didalamnya dok? Lalu, apakah ini normal atau terjadi infeksi? Mohon bantuan nya dok, Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gusi yang bolong setelh pencabutan gigi adalah hal normal, karena proses penutupan lubang memakan waktu sekitar 3 hingga 4 minggu. Warna putih pada bekas luka bisa merupakan sisa makanan, bisa juga jaringan gusi yang mati. Jaringan mati akan lepas sendiri seiring berjalannya waktu. Rasa sakit yang berkepanjangan bisa diakibatkan trauma akibat pencabutan yang akan hilang dengan pengobatan. Bisa juga karena iritasi benda asing yang menempel padaa guai. Benda asing ini bisa berupa serpihan tulang atau lainnya.

      Pencabutan gigi anda sudah 2 minggu yang lalu. Raaa saakot adalah tidak normal. Sebaiknya periksakan luka nda ke drg untuk mendapatkn perawataan.

      Hapus
  39. Dok saya alergi amox.. Kebetulan saya cabut giginya di puskesmas.. Jd antibiotic penggantinya apa yah dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas sekarang. Sebetulnya tidak semua pencabutan memerlukan antibiotik. Kalaupun diberikan antibiotik, lain kali sebaiknya beritahu dokternya mengenai alergi supaya diberikan antibiotik lain.

      Saya tidak berhak menuliskan pengganti antibiotik yang sidah diresepkan di sini. Maaf.

      Hapus
  40. Halo dok, mau tanya.
    Saya baru cabut gigi geraham kemarin. Hari ini saya coba raba2 bekas cabutannya pakai lidah saya, kok rasanya masih ada sisa giginya ya
    .
    Kalau saya tunggu sampai minggu depan untuk tanya dokternya lagi, kira2 jadi bermasalah tidak ya gusi saya?? Karena dokter giginya jauh dari rumah saya.

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, baru sempat balas. Kalau betul ada sisa gigi yang tertinggal, biasanya jeda waktu 1 minggutidak menimbulkan masalah. Saat ini sudah lewat 1 minggu sejak anda menuliskan pertanyaa n anda. Saya harap, masalahnu sudah teratasi sekarang.

      Hapus
  41. Dok, hari minggu kemarin saya cabut gigi seri atas saya karena tambalan dan gigi patah setengah, dan kondisi gigi juga bolong lebih parah lagi. Tp setelah dicoba dicabut, ternyata akarnya tidak bergerak sama sekali (kt dokternya) sehingga menurut dokternya lebih baik di flap/membuka gusi utk mencabut akar tersebut.

    Menurut dokter apakah ada jalan lain selain di flap tsb? Apa efek setelah melakukan bedah kecil tsb? Saya ngeri membayangkan harus dibuka dan dijahit seperti itu.
    (Saya baru akan di flap minggu depan)

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pencabutan biasa tidak bisa dilakukan, memang satu-satunya jalan adalah dengan membuka gusinya, mengambil tulang yang menutupi sisa akar, baru mengeluarkan sisa akarnya. Ini adalah operasi kecil, hampir tidak ada resikonya. Tidak perlu ditakuti.

      Hapus
  42. Halo Dok, saya baru saja cabut gigi geraham bungsu saya 6 hari yang lalu, namun 3 hari belakangan baru saya sadari muncul bau tidak sedap dr lubang bekas cabutan gigi. saya coba membersihkan dinding lubang gusi dengan cottonbud, dan ada cairan kekuningan yg terserap pada cottonbudnya. pada lubang gusi terlihat seperti daging putih kekuningan agak sedikit kotor. Yang ingin sy tanyakan mengapa bisa muncul bau tidak sedap disertai cairan kekuningan? 2hari setelah pencabutan, gusi sekitar lubang bekas cabutan memang membengkak, namun sudah kempes setelah sy minum obat penghilang sakit dan pengurang bengkak dr apotik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bau tidak sedap pada luka pencabutan disebabkan oleh jaringan mati yang tertinggal pada luka. Pembengkakan menandakan infeksi pada luka bekas pencabutan. Cairan kuning adalah serum darah sebagai pertahanan tubuh untuk melawan infeksi. Seharusnya tidak boleh diangkat. Apalagi dengan cotton bud yang belum terjamin kebersihannya. Sehingga dapat memperparah peradangan. Syukurlah pembengkakan sudah reda. Semoga tidak muncul infeksi lagi.

      Hapus
  43. Dok, saya baru mencabut geraham bawah ketiga sblh kanan, tapi bekas pencabutan berubah warna kehitaman, apakah itu normal dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waarna hitam di luka bekas pencabutan kemungkinan adalah beku darah. Kalau dugaan saya betul, berarti tidak masalah. Hal normal. Tapi bisa juga hal lain, karena saya tidak melihat sendiri. Untuk memastikan perlu pemeriksaan langsung, perlu memberikan beberapa tes pada bagian yang bersangkutan, sedikit tanya jawab. Jadi sebaikny memeriksakan langsung ke dokter gigi.

      Hapus
  44. Dok saya baru cabut gigi graham kanan bawah darahnya keluar terus, setelah sekitar 1jam darah malah kaya menggumpal, apa itu normal ato bagaimana. Terimakasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam keadaan normal, 1 jam setelah encabutan, arah sudah berhenti. Kalu ada, hanya sedikit berupa rembesan. Kalai terjadi perdarahan terus, kemungkinan ada embuluh darah di sekiar gigi yang cedera. Gumpalan darah alah normal jika terjadi perdarahan sebelumnya. Udahakan gumpaln ini jangan terlepas seĺam beerapa hari karena bermnfaat membantu proses penyembuhan luka. Berkumur dan meludah kan nyebabkan gumlaln darh lepas.

      Hapus
  45. dok, mau tanya. saya baru abis cabut gigi geraham bawah sebelah kiri. apakah setiap makan lubang gigi tersebut harus di tutup terus pake kasa atau dibiarkan saja? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu menutup lubang bekas pencabutan gigi. Biatkan saja.

      Hapus
  46. Ass dok,seminggu yang lalu saya cabut gigi no 4 atas, lalu gusinya sedikit radang trus ak kasih aloclair gel, mulai sembuh, tapi rasanya masi sakit pipinya kalo disentuh, ternyata banyak sariawan, apa itu karena gesekan alat saat cabut gigi atau gimana ya dok?kalau dikasig obat kumur boleh ga yadok?kan sehabis cabut gigi ga boleh banyak kumur,makasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit di pipi yang berkepanjangan dan munculnya banyak sariawan meskipun sudah diolesi aloclair gel, menandakan pengobatan itu tidak memadai. Saya tidak tahu apakah itu disebabkan karena traum akibat alat cabut atau bukan, tnpa melihat dan melakukan pmeriksan. Sebaiknya ke drg saja agar diperiksa langsung dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

      Hapus
    2. Assalamualaikum,. saya mau tanya dok,.
      makanan apa saja yang tidak boleh dimakan sehabis pencabutan gigi??

      Hapus
  47. Salam kenal, dok kemarin saya cabut 1 gigi lubang geraham bawah. 4 jam setelah pencabutan tidak ada pendarahan. Tetapi setelah lepas 4 jam, darah keluar banyak sampai sekarang belum berhenti. Obat tetap saya minum sesuai resep.Yg saya ingin tanyakan :
    1. Apa yg harus dilakukan utk menghentikan pendarahan (selain cara dijahit)?
    Krn ada yg blng di kompres dg es tdk disarankan (akan tjd penggumpulan darah). Yg akan lama membuat sembuh.
    2. Butuh berapa hari gumpalan darah boleh dibersihkan? Krn sangat mengganggu sekali.
    3. Selain minum obat resep, boleh tidak kita berkumur dg abotyl?
    Terima kasih penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendarahan yang terjadi setelah pencabutan seharusnya tidak banyak. Akan berhenti setelah 1 jam tanpa bantuan obat-obatan. Pendarahan yang berkelanjuan setelah pencabutan bukanlah hal yang wajar. Pasti ada masalah di sekitar luka pencabutan yang belum tentu bisa teratasi dengan obat-obatan,yang diresepkan dokter maupun yang dijual bebas. Penjahitan luka bisa membantu penyembuhan luka. Tapi bisa juga perlu tindakan lain kalau masalahnya bukan pada jaringan sehat. Begitu juga denan obat-obatan minum dan berkumur albotyl. Gumpalan darah yang normal akan menjadi awal penutupan luka. Karena itu tidak perlu dibersihkan. Bila gumpalannya menggnggu besarnya, jangan dibersihan sendiri karena bs terjadi infeksi jika alat yang digunakan tidak steril. Karena itu sebaiknya kèmbali ke drg yang mencabut agar diperiksa penyebabnya dan mendapat pengobatan yang tepat.

      Hapus
  48. Dok, mau tanya.. Sy baru operasi gigi bungsu kanan bawah 11 hari yg lalu. Seminggu setelah operasi, jahitan dilepas. Setelahnya, di gusi sekitar bekas operasi msh terasa agak sakit, dan seperti agak bengkak. Tadinya saya pikir mungkin ada sisa makanan di dalam lubang bekas operasinya, lalu sy korek menggunakan cutton bud, ternyata yg keluar bkn sisa makanan, tapi benang jahitan...yg mgkn belum terambil saat dibuka jahitan. Apakah berbahaya benang yg masih tertinggal d gusi ini? Apakah sy hrs k dokter lg utk cabut benangnya? Terima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benang jahit yang digunakan oleh drg ada 2 jenis, yaotu jenis yang bisa diserap oleh tubuh dan yang tidak bsa diserap. Saya yidk tahu yang mana yang digunaan oleh drgmu. Kemungkinan yang dapat diserap sehingga drg membiarkan sisa benang yang sulit tercabut tetap di gusi.

      Kalau cotton bud yang digunakam steril, dan pencabutan benang tidak menimbulkan iritasi pada gusi,:tidak masalah jika benang tersebut dicabut sendiri.

      Rasa sakit dan bengkak akan pulih perlahan-lahan. Bisa dibantu dengan kompres hangat dari dalam mulut dan dari luar. Karena pencabutan sudah lewat cukip lama, jangan yakut menggerak-gerakan rahang untuk membantu proses pemulihan.

      Hapus
  49. Selamat malam dok, kemarin saya telah melakukan pencabutan dua gigi geraham pertama di sisi kanan dan kiri bawah karena kondisinya sudah membusuk, sekarang terdapat sela antara gigi geraham saya, dokter gigi saya menyarankan untuk menarik gigi graham kedua ke depan agar gigi geraham ke tiga atau gigi bungsu bisa tumbuh menggantikannya, apakah hal itu bisa terjadi dok? kira" berapa lama sampai gigi bungsu tumbuh dan bergeser merapat menggantikan gigi yg telah dicabut tersebut? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggeser gigi ke psisi yang baru merupakan perawatan ortodonti, sebuah perawatan spesialistik. Secara teori bisa saja menggeser gigi geraham ke depan. Pastikan drg yang mengerjakan adalah drg spsialis ortodonti (di papan dokter tercantum Sp.Ort) agar mendapatkan peawatan yang tepat. Perawtan memakan waktu 1 hingga 3 tahun tergantung usia dan tingkat kesulitan

      Hapus
  50. Slamat malam dokter..
    saya mau nanya...
    saya kan kmrn hbs cbut gigi grham bwah ..
    klau makan pke bagian gigi yg g dicbut. tpi knapa y..slalu ada nasi yg yangkut dilubang bekas cbut gigi ya..
    jdi sya slalu brshkan pke tusuk gigi..
    tpi g smua keangkt.jdi ada putih2 sisa nasi gtu..yg susah diangkat..
    prtayaan ya:
    tndakan apa yg hrus sya lakukan.?
    apkah pke tusuk gigi trs. tdak mnyebabkan msalah?
    tlong jwabnnya dkter..
    trma kash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan yang menyangkut di dalam lubang tidak boleh dicungkil dengan tusuk gigi karena akan mengganggu proses penyembuhan. Bersihkan dengan cara berkumur air garam hangat. Kalu tidak bisa bersih, biarkan saja. Nanti air liur akan membersihkan secara alamiah.

      Hapus
  51. Salam kenal dokter. Dok, saya ami mau tanya dok. Semalam saya baru siap cabut gigi geraham kanan bawah. Kta dokternya gigi saya ada kelain sehingga susah dicabut dan lubangnya dalam dok. Setelah satu jam menggigit kapas ternyata darahnya tidak berhenti dok. Sekarang darahnya sudah mulai berkurang dok, tapi masih mengeluarkan darah. Saya mau minta solusi dok, untuk mengurangi darah ini apa yang harus saya lakukan ya dok? Trmkasih sebelumnya dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perdarahan yang berkepanjangan setelah pencabutan bisa disebakan oleh beberapa hal, misalnya cedera ada pembuluh darah, serpian tulang yang menusuk gusi, atau tertinggalnya jaringan radang di lubang bekas pencabutan, atau hal lainnya. Tanpa melihat sendiri dan melakukan pemeriksaan, saya tidak bisa menentukan mengapa terjadi perdarahan terus pada lukamu. Kalau hingga saat ini masih méngeluarkan darah banyak, sebaiknya besok pergi ke drg yang mencabut untuk mendapat perawatan yang tepat. Sementara bisa terus dikompres dingin. Dari dalam dengan mengulum es batu, dari luar dengan menekan dengan es yang dibalut dengan kain tebal. Dan yang penting, jangan berkumur dan menghisap darah bekas pencabutan dulu.

      Hapus
  52. Selamat pagi dokter
    Saya ingin bertanya, lima hari yg lalu saya cabut gigi geraham kanan bawah . Kata dokter yang mencabut gigi saya akar nya sudah di cabut . Pada saat sampai dirumah saya menyentuh lubang bekas gigi saya dicabut dengan lidah terasa seperti gigi . Keras dan seperti repisan gigi . Dua hari setelah cabut gigi saya control ke dokter yg mencabut gigi saya, terus dokter memberi sejenis betadine di bekas lubang gigi tsb dan dokter bilang itu tulang . Apakah benar itu tulang dokter ? Dan apakah sekiranya perlu di cabut ? Dan itu jenis tulang apa dok ? Dan sampai saat ini gusi saya masih nyeri . Terima kasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan ceritamu, kemungkinan besar jaringan keras yang dirasakan lidah adalah serpihan tulang penyangga gigi yang menancap pada gusi. Saya bisa saja salah, karena saya tidak melihat sendiri dan melakukan pemeriksaan lainnya. Kalau memang serpihan tulang, harus dicabut karena akan menggangu proses penyembuhan dan saat pembuatan gigi palsu.

      Hapus
  53. Dok mau nanya ne saya ud mncbut gigi bwaah kanan saya krn ud busuk giginy pas dcbut lobang bekas giginy itu dalem sekali dok ud smpe semnggu msh sakit n menyut sekali dok hbs cabutan itu dan gigi depan bawah saya kok smua ngilu n ikut menyut jg dok? Itu hrs gmna dok dan apa bisa lobang bekas yg dalam sekali itu bsa tertutup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubang dalam bekas pencabutan akan menutup secara almaiah. Jadi bersabar saja. Mengenai rasa sakit yang berkepanjangan, sebaiknya Anda ke drg yang mencabut gigi. Karena pencabutan yang normal tidak menebabkan rasa sakit berkepanjangan. Rasa sakit menandakan ada masalah dalam proses penyembuhan. Hal ini yang tidak sya ketahui karena saya tidak melihat sendiri lukamya dan tidak bisa melakukan pemeriksaan.

      Hapus
  54. Pagi dok..saya kan hari Kamis abis cabut gigi berlubang yg udh tumbuh daging..pada saat pencabutan memang aga sakit n sulit..kata dokter'a karna gi"a udh keropos n setelah selesai pencabutan ternyata dibawah akar gi"a ada seperti bulatan/kl ga salah kata dokternya nanah menggumpal,itu yg menyebabkan wlopun disuntik bius tetep sakit..setelah cabut disuruh gigt kapas slama 30mnt..setelah itu karna lupa saya kumur" n memang keluar darah bergumpal,harusnya ga boleh kmur" dulu y dok?nah krg lebih 3-4 jam stelah pencabutan baru darah berhenti dan ga pendarahan lg..tp pas td saya kebangun sekitar jam 2 ko kaya ada yg menggumpal di dalam mulut ternyata pas saya meludah ada gumpalan darah yg besar..trs sampe krg lebih 30 mnt msih keluar darah yg sedikit menggumpal..skrg udh ga berdarah lg dok..itu knp ya kira"?makasih sebelumnya dok..

    BalasHapus
  55. hai dok, sy punya banyak prtnyaan maaf kalau sekiranya pusing dgn prtyaan sy hehehe

    sekitar 2 hari lalu sy mencabut 2 gigi sy di bawah sebelah kanan. sebelum dicabut, sy diminta ronsen dulu sm drg nya. dan setelah dilihat hasil ronsen, kata drg nya ada banyak bakteri yg mengendap di bagian bawah sekitar akar gigi sy, karna memang gigi saya berlubang besar (mahkotanya udh gak ada sm sekali) dalam waktu yg lama. dan setelah itu sy disuruh minum antibiotik selama 5 hari. dan setelah 5 hari, sy dtg kembali ke drg. tetapi yg menangani sy, bukan dokter gigi yg minta sy utk ronsen itu (karna sy berobatnya ke spesialis drg yg di rumah sakit, dan di sana dokter giginya ada 4). begitu sy tunjukan hasil ronsen sy (yg banyak bakteri mengendap itu), dokternya lgsg mencabut gigi sy. sekarang, lubang bekas pencabutan sudah 90% tertutup. tetapi ada hitam2 dan putih2 gitu di sela2 lubangnya, apakah itu bakteri yg mengendap di akar gigi sy yg tertinggal dok?


    sy msh punya gigi berlubang disebelah kiri, dan bnyk sekali karang gigi sy. serta gigi bungsu sy tumbuhnya menabrak gigi yg di depannya. dan sy juga mau pasang gigi tiruan utk bekas pencabutan ini. sy mau minta sarannya dok, langkah2 yg hrus sy lakukan yg mana yg terlebih dahulu? apakah cabut gigi sebelah kiri dulu, atau operasi gigi bungsu, atau scalling dulu, atau pasang gigi tiruan dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakteri kemungkinan besar sudah musnah dengan pemberian antibiotika. Warna hitam dan putih pada bekas luka pencabutan bukanlah bakteri. Kemungkinan besar kotoran dan jaringan mati. Dapat hilang sendiri melalui perawatan harian dengan sikat gigi dan proses mengunyah dan menelan.

      Mengenai perawatan gigi-gigi lainnya, bisa dimulai dengan scaling dulu. Pda kunjungan yang sama, bisa sekalian mncabut gigi kiri dan membuat perjanjian untuk operasi gigi bungsu. Biasanya ada obat yang perlu diminum sebelum operasi yang bisa didapatkan resepnya pada kunjungan pertama itu. Setelah semua luka bekas pencabutan dan operasi sembuh, baru bisa membuat gigi tiruan.

      Hapus
    2. terima kasih atas jawabannya dok.
      kalau sy tarik gigi bungsu sy dgn kawatin gigi sy apa bisa dok? agar tdk memakai gigi tiruan,soalnya takut lepas kalau pakai gigi tiruan

      Hapus
    3. Gigi bungsu bisa ditarik dengan kawat. Prosesnya lumayan memakan waktu. Kalau posisi gigi bungsu normal, lebih baik memakai gigi palsu. Konstruksi gigi palsu yang hanya terdiri atas 1 elemen gigi biasanya cukup cekat karena dukungan gigi-gigi tetangga dn gusi masih banyak. Sehingga tidak mudah lepas.

      Hapus
  56. Dok saya mau nanya, gigi geraham bawah bagian kiri saya baru di cabut dan usai di cabut saya melakukan anjuran dari dokter saya seperti minum obat yg di berikan, mengigit kasa 1 jam dan tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi. Nah setelah 1 jam lebih saya mencabut kapas / kasa di gusi saya, tapi pendarahan terjadi cukup banyak lalu saya segera mengompresnya, disitu saya tidak menghisap-hisap darah yg keluar atau memainkan soket gusinya, saya hanya membiarkan pendarahan berhenti dengan kompresan tadi, setelah beberapa menit pendarahan berhenti. Namun pas saya mau ngecek gusi saya di kaca tenyata terjadi pembengkakan pada soket tersebut, bengkaknya cukup besar sampai menyentuh gigi di sebelahnya dan gigi atas (menutupi lubang soketnya dan besar bengkaknya setara dengan gigi geraham sebelahnya), tidak terasa sakit pada bengkak tersebut, dilihat dari bengkaknya lerlihat darah berwarna merah gelap (sepeti darah kotor), apa yang harus saya lakukan agar bengkak tersebut normal kembali?
    Apa yang terjadi dengan soket gusi saya hingga terjadi hal tersebut?
    apakah harus mengkonsumsi obat tertentu untuk mengatasinya?
    atau ada cara lain?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar pembengkakan di soket itu adalah darah yang membeku. Jadi setelah pencabutan terjadi perdarahan yang besar. Beku darah ini akan membantu proses penyembuhan bekas luka. Jadi jangan dikutak kutik. Setelah lewat 3 hari, biasanya akan lepas sendiri.

      Hapus
  57. Saya mau tanya dok, 4hr yg lalu sy hbs cabut gigi kta dokter gigi nya polip dan gusinya infeksi jd pendarahanya lama, skrg si sudah g pendarahan cm gusinya jd sariawan dok, obat dr dokter sudah habis ap gpp sy minum obat sariawan ?terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh pakai obat sariawan dulu. Tapi kalau dalam 3 hari belum sembuh, kembali ke drg. Kemungkinan bukan sariawan tapi infeksi pada gusi yang memerlukan obat lain.

      Hapus
  58. dok gigi graham saya 4 hari yang lalu dicabut tapi sampai saat ini masih sakit setelah saya periksa dengan jari ternyata gigi nya masih ada/gak habis di cabut...gimana ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vey Shang, saya tidak yakin kalau yang tersisa itu adalah gigi. Kemungkinan besar itu adalah serpihan tulang. Apapun itu, harus dikeluarkan karena menimbulkan rasa sakit. Jadi kembalilah ke dokter gigi yang mencabut gigimua supaya luka bekas pencabutan dibersihkan, dirawat dan diobati.

      Hapus
  59. Dok. Hari senin tgl 30 november lalu saya cabut gigi geraham kecil sebelah kiri atas. Sekarang sudah 5 hari tidak sakit dan sudah tdk pendarahan. Tapi kenapa di gusi dekat luka ada seperti sariawan cukup besar ya dok itu di sebabkan apa dan harus bagaimana? Lalu apakah gusi yg skrg masih dalam proses penutupan luka itu boleh di pakai mengunyah makanan atau tdk?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  60. saya mau tanya dok,kemarin saya cabut gigi geraham atas yang keempat kanan dan kiri,gigi yang kanan baik2 saja tetapi yang kanan ad darah yang mengumpal memanjang warna hitam.Apa yang harus dilakukan ya dok?gumpalan darahnya kalau dicabut maka akan keluar darah lagi pada bekas lukanya dan terjadi pengumpalan lagi.Gumpalan darahnya sangat menganggu dok karena memanjang sampai 2cm butuh solusi dok,thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gumpalan darah yang banyak setelah pencabutan menanakan ada aliran darah yang tidak berhenti setelah pencabutan. Aliran darah yang tidak berhenti dapat disebabkan karena cedera pada pembuluh darah di sekitar gigi yang dicabut, atau tertinggalnya jaringan radang di sekitar gigi, atau sebagai efek obat bius, atau lainnya. Masih banyak penyebabnya. Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya kembali ke drg yang mencabut agar diperiksa, dicari penyebabnya dan diatasi dengan tindakan atau pengobatan yang tepat. Jangan mencabut sendiri gumpalan itu untuk menghindari infeksi.

      Hapus
  61. Selamat pagi dok, salam kenal dan smg sehat selalu.
    Saya mau nanya sekitar krg lebih 1 minggu lalu saya cabut gigi krn berlubang, setelah 1 jam di cabut tdk terjadi pendarahan lg dan saya hanya minum obat 1x pereda sakit krn kata drg nya kalau tdk sakit tdk usah di minum lg.
    Semua saya rasa berjalan normal dan baik baik saja tdk sakit dan tdk bengkak, yg saya ingin tanyakan gumpalan darah pada bekas pencabutan gigi yg berwarna merah kehitam hitaman biasanya akan hilang dalam berapa hari dok? Krn 1 minggu ini gumpalan darahnya semakin sedikit di gusi saya apa itu normal dokter?
    dan kalau misal gumpalan darah tsb sudah habis dan masih ada 'bolongan' di gusi apa itu normal? Dan butuh brp lama waktu agar tertutup normal ?
    Terimakasih dokter telah menyempatkan waktu utk membaca dan menjawab pertanyaan saya, salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Yulianti, maaf baru sempat balas komentarnya. Gumpalan daah di atas lubang bekas pencabutan akan menjadi pemicu pembentukan jaringan baru di lubang. Secara bertahap, jaringan ini akan tumbuh dan menyatu dengan jaringan gusi yang sehat sèhingga akhirnya lubang menutup sempurna. Prosesnya memakn waktu antara 2 hingga 5 minggu, tergantung besarnya bekas luka pencabutan. Salam sehat!

      Hapus
  62. dok 1mgg yg lalu saya cabut geraham terakhir yg kiri bawah.kmrn udh kontrol sama lepas jahitan ada peradangan sedikit dan udah d bolehin buat ngunyah tp makanannya masuk k lubang bekas cabutnya.gmn cara membersihkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan yang masuk ke dalam lubang bekas pencabutan bisa dibersihkan dengan bantuan cotton bud bersih atau dengan berkumur-kumur. Kalau tidak berhasil, tidak perlu dicungkil. Di dalam mulut ada enzim dan bakteri pencerna yang akan membantu menghancurkan makanan yang menyangkut itu. Prosenya memang lebih lama dibandingkan mencungkilnya. Tapi ini lebih aman. Bisa dibantu dengan sering berkumur air bersih pada daerah itu agar hasil pencernaan enzim dan bakteri tidak berkumpul di lubang dan menimbulkan bau.

      Hapus
    2. Supaya cotton bud steril bolehkah d celup ke obat kumur?kira2 brp lama lubangnya akan tertutup dok?

      Hapus
    3. Agar steril,lebih baik cooton bud dicelup di betadine ripada obat kumur. Lubang akan menutup dalam waktu 3 hingga 6 minggu

      Hapus
    4. Betadine kumur kan dok bkn betadine luka luar

      Hapus
    5. adakah makanan yg harus d konsumsi untuk mempercepat penutupan lubang dok

      Hapus
    6. Tidak ada. Air liur adalah penyembuh alami yang paling berkhasiat untuk menyembuhkan luka bkas pencabutan.

      Hapus
  63. Dok mau tanya
    setelah saya cabut gigi dan sepertinya darah sudah tidak keluar
    namun terasa ada cairan asin yg keluar dr gusi bekas cabut gigi
    itu termasuk cairan apa ya dok ?
    cairan tidak berwarna hanya terasa asin di lidah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu adalah serum, cairan tubuh yang muncul sebagai pertahanan tubuh akibat luka.

      Hapus
  64. Dok.. saya baru cabut gigi geraham saya bawah sebelah kiri.... saya cuma nak tahu adakah lubang yg ada pada gusi saya akan tertutup? Saya takut kalau gusinya tetap berlubang.. ini akan menyukarkan saya untuk makan... saya jd trauma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubang bekas pencabutan akan tertutup. Jadi bisa makan dengan enak lagi nantinya.

      Hapus
  65. Dok saya mau nanya, kalau kapas bekas cabut gigi itu ketelan saat tidur gpp dok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapas yang diletakkan di atas luka bekas pencabutan, harus dibuka seelah 1 jam, jangan dibawa tidur. Ukurannya besar sehingga tidak mungkin tertelan kalau tidak sengaja ditelan.

      Hapus
    2. Kalau sampai tertelan, nanti akan keluar lagi sat buang air besar. Jadi aman.

      Hapus
  66. Dok saya mau nanya pada gigi graham atas saya udah berlubang dalam, terus beberapa minggu ini terdapat seperti daging yang menutupi lubang pada gigi tersebut, itu apa dan gimana cara mengecilkan atau menghilngknnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daging itu adalah polip yang berasal dari bagian tengah gigi (polip) yang sudah mati. Gigi udah mati, Jadi harus dicabut

      Hapus
  67. Dok, mau tanya nih, kalo sudah cabut gigi, tapi tidak berdarah trus disumbat pakai kapas sama dokternya itu perlu dijahit apa ngak ya? Soalnya lubangnya lumayan besar
    Tpi katanya si dokter gk usah dijahit apa memang gk harus dijahit? Trus kalau pas makan kalo sisa makannya terlengket disana gimana dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencabutan gigi, termasuk gigi geraham yang berakar 3, umumnya tidak memerlukan penjahitan. Lubang akan menutup secara alamiah. Bahkan penjahitan luka bekas pèncabutan yang sangat besarpun selalu menyisakan lubang di atas lubang bekas gigi. Lubang bekas gigi diperlukan sebagai pemicu proses penyembuhan luka.

      Mengenai makanan yang menyanhkut, jika luka sudah tidak meneluarkan darah lagi (sekitar 24 jam seelah pencabutan), bisa dikumur-kumur untuk membersihkannya. Kalau tidak bisa juga,biarkan saja. Air liur akan melakukannya perlahan-lahan. Jangan mencungkilnya dengan papun karena akan mengganggu proses penyembuhan.

      Hapus
  68. Dok saya mau nanya. Dulu gigi depan saya pernah patah, kemudian di tambal. Setelah tiga tahun tambalannya menghitam.itu gimana dok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambalan yang menghitam bisa terjadi karena kotoran halus yang menempel pada sambungan gigi dengan tambalan. Bisa juga karena ada kebocoan halus. Selama gigi masih cukup besar untuk dipertahankan, tamblan dapat diganti.

      Hapus
  69. Blognya bagus dok, setiap pertanyaan hampir terjawab semua.

    Saya mau tanya juga dong dok. Saya baru cabut gigi geraham kiri bawah 3 hari yg lalu (5 jan 2016) . Tidak ada masalah atau nyeri sih, namun saya melihat gusi bagian dalam dekat gigi bekas dicabut tersebut ada yg putih, tidak sakit, sedikit bengkak, dan saya rasa timbul sehari yg lalu. Sepertinya bekas bius lokal, tapi saya tdk pasti karna tdk mengerti. Itu sebenarnya apa ya dok, nanah atau sariawan? Apakah berbahaya? Atau bisa kembali dg sendirinya. Terimkasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan itu adalah jaringan mati. Kalau sampai hari ini bertamah bengkak,sebaiknya segera ke drg. Bisa jadi itu infeksi.

      Hapus
  70. Blognya bagus dok, setiap pertanyaan hampir terjawab semua.

    Saya mau tanya juga dong dok. Saya baru cabut gigi geraham kiri bawah 3 hari yg lalu (5 jan 2016) . Tidak ada masalah atau nyeri sih, namun saya melihat gusi bagian dalam dekat gigi bekas dicabut tersebut ada yg putih, tidak sakit, sedikit bengkak, dan saya rasa timbul sehari yg lalu. Sepertinya bekas bius lokal, tapi saya tdk pasti karna tdk mengerti. Itu sebenarnya apa ya dok, nanah atau sariawan? Apakah berbahaya? Atau bisa kembali dg sendirinya. Terimkasih dok.

    BalasHapus
  71. Dok, satu buah gigi saya di bagian depan atas posisinya lbh maju dibandingkan gigi depan yg lain. Ini diakibatkan ketika saya kelas 1 sd tidak tahu bahwa gigi baru akan tumbuh. Sehinnga giginya berhimpit. Gigi yg barhimpit di bagian belakang sudah di cabut ketika saya kelas 3 sd. Jadi yg tersisa bagian depannya. Kata drg yg menanganinya dulu gigi yg depan ini bisa di cabut kalau saya sudah SMA dan bisa diganti dengan gigi palsu. Sekarang saya sudah semster 1 kuliah. Saya ingin mencabut gigi yang maju tersebut dok. Dan ingin menggunakan gigi palsu saja. Namub setelah saya perhatikan bentuk dan posisi gusinya sdkit diatas gusi yg lain. Apakah jija di cabut gusinya akan menutup atau menjadi normal seperti gusi yang lainnya? Jika tidak, saya jadi ragu untuk mencabutnya karna manurut saya akan terlihat janggal bentuk gusinya dok.

    Dan Jika saya mencabut gigi tersebut. Brapa lama waktu yg dbtuhkan untuk memulai pemasangan gigi palsu.

    Mohon sarannya dok.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah pencabutan, bila tidak ada masalah, gusikan menutup rapat seperti bagian gusi lainnya. Perlu waktu sekitar 3 hingga 6 minggu untuk menutu sempurna. Setelah menutup sèmpurna, pembuatn gigi palsu dapat dimulai.

      Khusus gigi depan, kalau jumlahnya tidak banyak, sebetulnya dapat dibuat gigi palu immedite. Jadi rajang dicetak sebelum pencabutan gigi. Setelah gigi palu jdi, gigi baru dicabut. Setelah itu gigi palsu langsung dipasang. Jadi estetika wajah tetap terjaga.

      Hapus
  72. Dok, saya cabut gigi sdh 5hari yg lalu, hari kelima sakit minta ampun sakitnya itu di bagian bekas pencabutannya spt ada putih di lubang dan agak merah bagian sisi lubang trsbt apa itu pendarahan kah dok?... Dan bimana cr mengatasinya soalnya sakitnya sampe kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini adalah satu kegagalan penyembuhan luka bekas pencabutan. Jaringan berwarna putih harus dibersihkan dengan kuret. Jadi kembaliah ke drg.

      Hapus
  73. Malam Dok. Senang rasanya melihat blog ini sudah bertahun2 dan dokter tetap setia menjawab :), walaupun kisah nya hampir sama dengan yang lain. Saya ingin bertanya..

    1. Saya baru aja cabut gigi tadi siang. Disumpal kapas dan setelah dibuka malam masih ada darah (lumayan banyak) sehingga ingin meludah/menelan berasa darah. Apakah ini normal? Dan hilang berapa lama? Atau harus slau di sumbat kapas?

    2. Cara menghilangkan bengkak hanya dengan es batu saja? Saya sdh lakukan namun masih bengkak :(

    3. Baiknya memakai gigi palsu tanam atau cabutan jika seperti ini?

    Mohon pencerahan nya dan terimakasih banyak dok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Perdarahan setelah pencabutan biasanya berhenti setelah 1 jam. Jadi kapas cukup digigit selama 1 jam. Kalaupun masih ada,jumlahnya sedikit. Yang membuatnya terlihat banyak adalah air ludah yang bercampur dengan darah.

      Namun dalam kondisi tertentu, perdarahan bisa berkelanjutan. Kalai ini terjadi, seharusnya kembali ke drg yang mencabut supaya mendapatkan tindakan atau pengobatan penghentian perdarahan.

      2. Pembengkakan tidak bisa dihentikan dengan kompres es batu. Es batu bisa membantu menghentikan perdarahan, bukan untuk mengurangi pembengkakan. Saya tidak tahu mengapa terjadi pembengkakan pada kasusmu, karena saya tidak tahu kondisi sebelum pencbutan, proses pencabuan dan kondisi setelah pencabutan. Pembengkakan bisa merupakan reaksi tubuh terhadap trauma pencabutan, bisa juga sebagai infeksi. Sebaiknya kembali ke drg untuk mendpatkan pengobatan yang tepat.

      3. Gigi palsu bisa menggunakan jenis apa saja. Pilihan ada pada diri sendiri, berdasarkan pertimbangan dana dan kenyamanan.

      Hapus
  74. halo dok, saya nathania, 22 tahun. saya ingin menanyakan, dulu gigi saya d ortho , dan sudah d cabut dua gigi graham kecil, tetapi setelah lepas kawat sya masih merasa gigi saya masih agak monyong, saya ingin tanyakan apakah bisa saya pasang kawat gigi lagi, kemudian gigi atas saya yang geraham besar pertama di cabut kanan kiri kemudian di lakukan penarikan mundur? dan gigi bawa cabut dua. apa kan itu akan bermasalah? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dirasakan gigi masih terlalu monyong, bisa saja diortho lagi. Mengenai gigi yang harus dicabut tergantung dari hasil analsa rahang. Drg yang melakukan perawatan ortho akan menganalisa dan membuat rencna peawatannya.

      Hapus
  75. Selamat malam dok.. senang bisa berjumpa di blog ini..
    8 jam lalu saya cabut gigi geraham atas bagian kanan no 2 dr belakang..
    krn gigi sdh keropos maka yg tidak bisa d cabut/tersisa hanya 2 akarnya saja dan itu kata ibu dokter di puskesmas tadi memang sngj tdk d cabut Karena susah dan dibiarkan saja hingga Beberap bulan kedepan agar sisa akar keluar dengan sendirinyasendirinya..
    Dok.. keluhan saya malam ini darah masih keluar dari lubang gusi dan agak sedikit nyeri..
    apakah itu normal dok?
    memngingat sdh 8 jam lebih darah blm jg kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahmad, maaf saya baru sempat buka blog. Perdarahan yang berkepanjangan adalah tidak normal. Pasti ada sesuatu yang terjadi, entah benda taumatik yang membuat luka terbuka terus atau hal lain. Kalau sampai malam ini darah masih keluar, sebaiknya besok kembali ke puskesmas. Sementara bisa dibantu dengan mengulum es batu. Jangan makan yang pana-spanas dulu. Saya harap masalahmu segera teratasi.

      Hapus
  76. Allhamdulillah dok.. atas izin allah.. saya lihat dan baca2 artikel di atas utk pengompresan dngn air dingin es sdh sy praktekkan dan sekarang darah sdh tdk keluar lagi..
    pertanyyaan saya dok..
    apa betul 2 akar gigi geraham saya nantinya setelah beberapa bulan akan keluar dan lepaa dengan Sendirinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 akar gigi geraham beberapa bulan lagi bisa pindah posisi ke permukaan gusi sehingga lebih mudah dicabut. Bisa juga tidak berubah posisi. Tapi yang pasti, tidak akan lepas sendiri.

      Hapus
  77. Selamat malam dokter,

    Saya ingin menanyakan, apakah serpihan tulang gigi yang baru di cabut harus di keluarkan?

    Apabila tidak di keluarkan apakah ada efek samping nya dok?

    Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serpihan tulang, klau ukurannya sangat kecil, tidak harus ďicabut kalau tidak mengganggu.

      Hapus
  78. Dok saya mau tanya, awalnya gigi geraham atas sebelah kanan sya patah hingga 3× dan berlubang besar seperti terbelah 2 tapi tidak sakit. Dan di belakang gigi itu ada gigi akan tumbuh. Yang sya mau tanyakan adalah apakah gigi saya harus dicabut atau ditambal. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengingat gigi sudah 3x patah, kemungkian besar harus dicabut. Tpi saya bisa salah karena saya tidak melihat angsung giginya dan tidak dapat melakukan pemeriksaan. Untuk pastinya, datanglah ke praktek drg.

      Hapus
  79. Dok, saya 2 hari lalu melakukan pencabutan gigi geraham bungsu kanan bawah. Sudah 2 malam tenggorokan sisi kanan perih (seperti radang tenggorokan) dan kalau tidur menyamping ke sisi kiri, lidah samping kanan juga ikut perih, sampai tidak bisa tidur.

    Apakah itu normal? Kenapa bisa begitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencabutan geraham bungsu meang sering menimbulkan masalah, di antaranya radang pada jaringan di sekitar gigi. Bentuknya berupa pembengkakan dan rasa sakit. Penybabnya multi faktor, dari trauma fisik selama pencabutan, perarahan sampai fktor yang tak diketahui. Obat2an yang diberikan drg seelah operasi akan membantu proses penyembuhan.

      Hapus
  80. Selamat sore dok...
    Sekitar 4 jam yang lalu saya mencabut gigi geraham bawah saya. Dokter yg mencabut gigibsaya bilang tunggu 30 menit untuk melepas kapas. Setelah 30 menit lebih sedikit saya lepas kapasnya, darahnya masih banyak yanga keluar. Setelah itu sya kembali lagi ke dokter, saya diberi kapas. Pendarahan seperti ini biasanya berpa lama dok? Ap yg sebaiknya saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan

    1. Pencabutan itu memang menimbulkan perdarahan, karena di sekitar gigi banyak sekali pembuluh darah. Umumnya pembuluh darah di sekitar gigi halus, sehingga perdarahan yang terjadi tidak banyak. Dibantu dengan tekanan kapas yang digigit, perdarahan akan berhenti dalam 1 jam.

      Namun kadang2 ada pembuluh darah yang agak besar di sekitar gigi, sehingga perdarahan tidak berhenti setelah 1 jam. Jadi masih terjadi rembesan darah keluar dari lubang bekas gigi. Karena itu drgmu memberikan lagi kapas untuk digigit. Kapas dalam mulut seringkali menimbulkn produksi air liur meningkat. Air liur yang bercampur darah ini seolah-olah terlihat sebagai darah yang banyak. Tidak usah kuatir. Sebetulnya bukan darah yang banyak tapi air liur.
      Pada keadaan ini, penghentian darah bisa dibantu juga dengan kompres dingin. Caranya dengan mengulum es batu atau menempelkan es dibungkus kain di pipi.

      Hapus
  81. Halo dokter,
    3 hari yang lalu saya operasi gigi geraham bungsu kiri dan kanan bawah. Di bagian kanan sampai sekarang masih mengeluarkan rembesan darah, sedangkan di sebelah kiri tidak. Jadwal saya untuk kembali ke drg masih 4 hari lagi, yaitu untuk membuka jahitan. Apakah sebaiknya saya tunggu 4 hari lagi atau saya segera ke kembali drg karena masih ada rembesan darah ya dok?
    Terima kasih banyak atas perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru ada waktu untuk membalas. Saat ini sudah 4 hari berlalu, sudah saatnya kontrol ke drg untuk membua jahitan. Tentu masalahmu sudah selesai ya. Lain kali kalu ada asalah serupa, jangan cari solusi di internet. Segeralah temui drgmu. Perdarhan yang berkepanjangan memang berbahaya. Namun kalau berupa rembesan saja relatif aman meskipun mengganggu.

      Hapus
  82. Dok, saya mau tanya. 2 hari yg lalu saya cabut gigi geraham yang sudah timbul polip, dan sudah 2 hari ini gusi saya bengkak, ternyata timbul putih2 seperti sariawan dan ada rasa sakit sampai ke gigi sebelahnya. Apakah ini normal dok?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sariawan kemungkinan adalah luka akibat trauma terkena lat pencabutan. Demikian juga rasa sakit pada gigi sebelahnya. Penyembuan bisa dibantu dengan berkumur air hangat karena pencabutan sudah lewat dari 1 hari

      Hapus
  83. permisi dok,
    saya baru cabut gigi graham kanan bawah, dan baru merasakn gimana rasanya gigi klw dicabut,
    saya mau menyakan apakah darah yang menggupal sehabis pencabutan gigi itu tdk bermasalah untuk kedepannya..?
    dan sehabis cabut gigi,perwatan apakah yang paling tepat dok untuk menutupi bekas luka tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gumpalan darah bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka. Jadi jangan dikutak-katik. Mengenai perawatan, tidak ada. Biarkn luka sembuh secara alamiah dlam mulut yang mengandung air liur, sang penyembuh pemberian Tuhan.

      Hapus
  84. Pagi dok, sudah dua hari saya habis cabut gigi,. Saya sudah baca baca komentar dari yang lain tapi permasalahan yg saya dapat ini lain, tadi pagi saya bangun saya melihat dibawah lidah saya ada seperti gumpalan darah tapi saya coba pastikan dgn memegangnya ternyata gumpalan darah itu seperti berada dibawah selaput..
    Apakah ini memang gumpalan darah atau efek dari saraf yang terganggu?
    Dan jika memang ini gumpalan darah apakah harus ditangani secepatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan gumalan darah itu di tempatnya karena akan membantu proses penyembuhan.

      Hapus
  85. Sore dok, gigi geraham rahang atas kiri (M1) ada benjolan kecil di gusinya, karena rumah saya jauh dengan dokter yang menangani saya, maka saya telpon drgnya dan memberi resep clindamycin diminum untuk 3 hari, sebelum dicabut.(memang gigi itu harus dicabut karena untuk pasang behel).
    Yang saya mau tanya.
    1. Fisik saya tetap sehat, saya boleh bicara normal, hanya ada nyeri di telinga kiri saya (sehingga saya minum paracetamol) apakah itu efek dari benjolan digusi, bolehkah cabut gigi dilaksanakan karena saya sudah minum clindamycin?
    2. Jarak rumah saya ke dokter butuh waktu 3 jam. Apa yang harus saya lakukan dengan jarak waktu tersebut sehabis cabut gigi?
    Trimakasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benjolan kecil di gusi menandakan adanya infeksi. Nyeri pada telinga juga bisa disebabkan karena infeksi. Clindamycin berguna untuk menghentikan infeksi. Kalau infeksi sudah tidak ada, pencabutan dapat dilakukan. Setelah pencabutan, sebaiknya tidak langsung pulang. Tunggu hingga 1 jam. Bila efek bius sudah hilang dan perdarahan sudah berhenti, artinya tidak ada masalah serius setelah pencabutan. Jadi boleh pulang. Selanjutnya, silakan ikuti petunjuk yang sudah saya tulis di atas.

      Hapus
  86. Dok, gusi saya pasca oprasi gigi bungsu kanan bawah seperti bolong kedalam, karna waktu dioperasi drg sy blg gaperlu dijahit untuk meminimalkan rasa trauma. Apakah nanti gusi belakang sy yg bolong bisa tertutupi seperti semula? Trims dok.

    BalasHapus
  87. Permisi dok saya Mau tanya.. :v

    Tanggal 3 kemaren saya cabut gigi depan ada 2 ,terus untuk melakukan pemasangan gigi palsu bisa di percepat ke tanggal 22 apa gk yah dok... gusi saya udah gk sakit/sembuh, kata drg. Tanggal 4 baru pasang?? Tapi apakah bisa dipercepat cara penyembuhan nya biar cepat kering gusi atau menutup.!! ,Soalnya saya mau Uts tgl 29..!! :v

    & Bagusan gigi palsu yg pake kawat
    Atau yang tidak pake kawat..??

    Makasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 bulan bukanlah angka mutlak. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Silakan biaranya dengan drg mu. Tapi tidak ada cara untuk mempercepat penyembuhan dan penutupan gusi.

      Tentang gigi palsu, tentu saja lebih bagus tanpa kawat, dlm arti bagus dilihat. Tapi gigi Palu bukan cuma soal bagus, harus baik antara fungsional. Jenis gigi palsu yang cocok, berbeda-beda untuk tiap kasus. Silakan tanyakan drg mu.

      Hapus
  88. Slm kenal dok, saya menjalani odontektomi 3 hari yang lalu,hari ini saya baru merasakan linu di area lubang gigi yang sudah dicabut,padahal sebelumnya tidak terasa linu,dikhawatirkan infeksi,klo boleh tau ciri ciri infeksi pasca odontektomi seperti apa ya dok.

    Terimakasih blog anda sangat Bermanfaat untuk banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa linu bukanlah pertanda infeksi, tetapi karena terbukanya akar gigi di depan gigi yang dicabut. Akar gigi yang terbuka adalah yang langsung berhadapan dengan bekas soket gigi yang dicabut. Perlahan-lahan, seiring dengan proses penyembukan luka bekas odontektomi, rasa linu akan hilang.

      Hapus
  89. Dok mw nanya apa stlh cabut gigi dlm bbrp hari bisa sakit ato ngilu klo makan ato minum panas dan makan yang agak keras , trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan hal-hal tersebut dapat saja terjadi, tergantung kondisi gigi yang dicabut, gigi-gigi tetangga dan antagonisnya serta seluruh keadaan rongga mulut.

      Hapus
  90. Salam kenal dok,saya mau tanya
    8 jam lalu saya mencabut gigi seri bagian depan atas di puskesmas,dan setelah 4 jam darah berhenti..
    Tapi dari awal setelah gigi saya dicabut bibir saya terlihat monyong, dan saya panik,, kayak bengkak gitu dok
    Saya harus gimana?? saya takut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Yani, bagaimana keadaan bibirmu? Maaf baru sempat balas karena belakangan ini ada banyak kesibukan. Saya duga, pembengkakan itu adalah pengumpulan cairan obat bius di antara gusi dan bibir saja. Dalam beberapa jam akan akan hilang sendiri.

      Saya harap pengalaman Yani dan penjelasan saya bermanfaat bagi pembaca lain yang mengalami hal yang sama.

      Hapus
  91. salam kenal dok, saya mau tanya satu haru yg lalu saya cabut gigi graham bawah sebelah kiri sebanyak 2 gigi, saya cabut gigi itu sekitar jam 2 siang tetapi rembesan darah masih ada hingga ke esokan harinya, saya tidak pakai kapas lagi, hanya membiarkan begitu saja. tapi dok pas hari itu pipi bawah saya agak keras dan sdikit bengkak hingga pas daerah dekat dagu. apakah itu normal dok? dan apakah bisa dikompres dngn air hangat? (daerah luarnya)
    kemudian apakah benar dengan mengkonsmsi air dingin dapat mempercepat penyembuhan?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Isana. Maaf baru sempat balas karena belakangan ini ada banyak kesibukan lain.
      Pembengkakan keras pada daerah dekat dagu kemungkinan besar adalah beku darah yang akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu. Kompres hangat akan membantu mempercepat penyembuhan. Saya duga, saat ini bengkak sudah hilang.

      Saya harap pengalaman Isana dan penjelasan saya bermanfaat bagi pembaca lain yang mengalami hal yang sama.

      konsumsi air dingin / kompres air dingin setelah pencabutan membantu mempercepat pembekuan darah. Hanya bermanfaat dalam 24 jam setelah pencabutan saja. Lewat dari itu, kompres hangat akan membantu proses penyembuhan.

      Hapus
  92. Dok sy barusan mencabut gigi geraham ats. Kemudian harus bedah krn makhotanya sdh habis dan gigibsy patah dan terjepit. Setelah pembedahan gusi sy dijahit. Tetapi ada bagian dimana terdapat seperti daging yg trus berdarah yg turun dri bekas pencabutn tsb. Apakh bgn trb hrus di jahit jg dok? Apa akan sering terjadi penggumpalan daging yg brdarah itu? Mohon arahannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dian, sepertinya daging yang terus berdarah dari bekas pencabutan adalah polip. Seharusnya dipotong dan dikuret sampai bersih. Tapi saya bisa saja salah, karena saya tidak melakukan pemeriksaan langsung. Sebaiknya kembali ke drg yang mencabut gigimu untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

      Maaf baru balas sekarang karena belakangan ini ada banyak kesibukan.

      Hapus
  93. Dokter saya mau tanya seminggu yang lalu saya cabut gigi kiri no.6 sekarang gusi saya sudah mulai menutup tpi ada lubang kecil sedikit yang belum tertutup kalo ada sisa makanan yg masuk dan susah ilang.a gimana dok?

    Dan saat ini gigi bungsu saya tumbuh dalam keadaan tidur apa mungkin bisa tumbuh normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentang sisa makanan yang masuk ke dalam lubang, silakan baca ulasan saya terhadap pertanyaan yang sama di atas. Mengenai gigi bungsu, kalau ruangan memungkinkan, akan tumbuh tapi tetap dalam keadan tidur.

      Hapus
  94. Salam kenal dok.
    2 hr lalu sy cabut gigi geraham kanan bawah, malamnya saya gosok gigi dan kumur dengan obat kumur spt biasa sampai hari ini. Apakah hal ini diperbolehkan dok (kumur dengan obat kumur bukan dengan air garam hangat)?
    Sampai hari ini tidak ada rasa sakit, hanya ada lapisan putih kekuningan diatas gusi gigi yang dicabut tsb.
    Terima kasih sblmnya dok, dan terima kasih utk tersedianya blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampai saat ini tidak ada masalah yang muncul, berarti tidak apa. Seharusnya selama 24 jam setelah pencabutan tidak boleh berkumur, dalam arti berkumur dengan keras. Karena akan menyebabkan lepasnya beku darah yang terbentuk di atas luka pencabutan sehingga menimbulkan perdarahan lagi.

      Hapus
  95. Boleh tau kalau behel ketelen apa kah bisa keluar sendiri bersama kotoran

    BalasHapus
  96. Sukses dan sehat selalu untuk dokter satu ini, Melinda Suwandi. Cheers

    BalasHapus
  97. Selamat malam Dokter.
    Dokter, saya sudah membaca komentar2 di atas. Namun, hal yg saya alami belum dialami oleh tmn2. Begini, kemarin siang saya cabut gigi geraham kanan bawah dan dijahit. Darah masih merembes sedikit, sudah ada gumpalan darah yg warnanya hitam di atas gusi, dan saya baca di internet, makan/minum yg dingin dpt mempercepat penyembuhan dgn menghentikan pendarahan. Pertanyaan saya, kenapa pada saat saya minum es, saya arahkan ke gusi yg dicabut, kok ngilu ya? Apakah hal ini wajar?
    Kemudian, biasanya pada hari ke berapa saya boleh makan dgn normal dan mengunyah dgn gigi sebelah kanan?
    Mohon infonya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luka bekas pencabutan belum tertutup sempurna. Artinya masih ada tulang yang belum tertutup gusi. Bila sebelumnya posisi gigi yang dicabut sangat rapat dengan gigi sebelahnya, kemungkinan akar gigi sebelahnya juga terbuka. Inilah yang menyebabkan rasa ngilu.

      Proses penyembuhan luka berlangsung hingga 3 sampai 5 minggu dan berjalan sedikit demi sedikit. Gusi akan menutup perlahan-lahan. Bila gusi sudah menutupi akar gigi, rasa ngilu akan hilang.

      Mengenai makan dan mengunyah seperti semula, setelah tidak ada rembesan darah lagi, boleh dilakukan.

      Hapus
  98. Permisi dok..
    Hari snin kemarin saya cabut gigi bungsu yg sulit sekali di angkat..
    Saya merasa pencabutan gigi bungsu saya kemarin terlalu di paksa..
    Setelah gigi di cabut tepat 21.00 1-4jam gusi masih mengeluaran darah dan bengkak..
    Keesokan hari ny masih terasa bengkak dan sedikit nyeri.. darah masih keluar tp tidak begitu banyak seperti semalam..
    Apa itu hal yg normal dok??
    Oh ya sama 1 lgi semenjak dr pencabutan hri senin hingga skrg hari rabu kenapa air liur saya menjadi kental.. rasa ny sangat tidak nyaman apa lagi bila di telan pada posisi gusi lagi bengkak rada sulit.. apa itu normal ato perlu tindakan??

    BalasHapus
  99. selamat malam dokter
    dok, kemarin sore saya cabut gigi graham kiri bawah, dan allhamdulillah sampai sekarang tidak ada pembengkakan / nyeri yg muncul pada gigi saya, yg saya ingin tanyakan benarkah setelah 24 jam diperbolehkan merokok seperti biasa lagi? mohon jawabannya dok

    BalasHapus

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.